NYANTRI SEDINA SEWENGI EFKA PT TELKOM ARNET PURWOKERTO

Ma’had Fastabiqul Khoirot Kembaran Banyumas Kembali menyelenggarakan kegiatan keislaman intensif. Acara ini dikhususkan bagi masyarakat yang ingin belajar dan mengkaji agama Islam diakhir pekan. Mereka yang mengikuti adalah dari kalangan masyarakat yang tidak memiliki waktu cukup dalam belajar keislaman.

Acara yang dikemas oleh Ma’had Fastabiqul Khoirot ini bisa disebut dengan NYANTRI SEDINA SEWENGI. Pada kesempatan kali ini diikuti oleh para pegawai dari PT. TELKOM ARNET PURWOKERTO berjumlah 26 peserta. Mereka akan belajar tentang pemaknaan mereka beribadah dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun materi yang akan mereka dalami adalah Tanshit al-Hayah dengan tema Orientasi hidup seorang Mu’min, Konsep Ibadah dalam Islam, Aqidatul Mu’min dengan tema Syahadat Tauhid: Membangun Komitmen Hidup Muslim, terakhir ditutup dengan pemaknaan Ibadah dalam pembentukan karakter mulia seorang Muslim.

Selain itu pemahaman materi keislaman, para peserta akan dibiasakan dalam Islamic Habitual Learning. Mereka dibekali dengan Buku Panduan Dzikir dan Doa serta Panduan Mutaba’ah Harian. Pembiasaan terhadap doa-doa harian juga selesai shalat fardhu dilakukan secara bersama-sama, kemudian mereka mencatatkan hasilnya dalam Panduan Mutaba’ah Harian. Pembiasaan lainnya adalah shalat tahajjud berjamaah dan  Tahsin dan Tafhim ayat-ayat al-Qur’an serta pembiasan shalat dhuha.

 Pada NYANTRI  sesi ini dibuka secara langsung oleh Pengasuh Ma’had Fastabiqul Khoirot, Ustadz Mintaraga Eman Surya, Lc., M.A. beliau menekankan bahwa NYANTRI SEDINA SEWENGI yang mengambil tema “Nyantri Nang Dunya, Kepenak Nang Akhirat” ini lebih menekankan pada pengamalan Q.S. at-Taubah: 199, sebagaimana berbunyi:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَكُونُواْ مَعَ ٱلصَّٰدِقِينَ ١١٩

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kamu kepada Allah dan hendaklah kamu berada bersama-sama orang-orang yang benar.” [QS. At-Taubah: 119)

Maksudnya, dalam NYANTRI SEDINA SEWENGI ini proyeksi yang diinginkan adalah bersama-sama dalam kebaikan. Bersama-sama dalam pekerjaan duniawi yang tentunya bisa bersama-sama masuk surga. Proses untuk ke sana tidaklah rumit tatkala kita mau bersama-sama dalam keridhoan kepada Allah SWT dan kegiatan ini adalah salah satu cara untuk menggapai kebersamaan.

Menurut rencana acara ini akan berlangsung selama dua hari satu malam. Mereka akan menginap di Ma’had Fastabiqul Khoirot dengan suasana asri pedesaan. Kemudian akan ditutup pada hari ahad tanggal 20 Januari 2019 bakda shalat dhuhur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here